Rabu, 04 Mei 2011

Mari Bersihkan Sungai ! Menuju Wisata Kuala Sungai Dumai 2012




Sungai Dumai merupakan salah satu dari 16 sungai di kota Dumai yang bermuara di selat Rupat. Sungai Dumai memiliki panjang lebih kurang 15 km berhulu di Tasik Bunga Tujuh Bukit Jin dan daerah aliran sungainya membelah kota,terdapat lebih kurang 7,9 km atau seluas 52,66 persen bantaran sungai telah menjadi wilayah hunian dengan beberapa aktifitas penghasil limbah ditambah dengan tekanan alur keluar masuk angkutan manusia dan barang. Disungai ini tempat terjadi legenda atau sejarah Putri Tujuh yang mengandung unsur buah belukap dari kejadian masa lalu yang menjadi jati diri suatu peristiwa budaya di Dumai selama ini. 

Bakau Belukap (Rhizophora Mucronata) merupakan salah satu jenis bakau yang mengalami kepunahan di sungai Dumai. Kepunahan ini akibat ekploitasi sebagai bahan baku arang dulunya, dimana panglong (tempat produksi arang)terdapat di Pangkalan Bunting di muara sungai Dumai, ini salah satu contoh memperlakukan alam tanpa memikirkan generasi ke depan, tebang tanpa ada aksi penanaman kembali, akibatnya telah terjadi kepunahan jenis bakau ini di sungai Dumai bahkan generasi Dumai saat ini sudah tak mengenalinya lagi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi ini maka Pecnta Alam Bahari melakukan penanaman kembali pada tahun 2002. Dan pernah ada satu batang yang alami yang dipertahankan pada tahun 2001 di Pulau Ancak (delta kuala sungai Dumai, inipun akhirnya oleh PT. Pelindo untuk pengembangan Pelabuhan Rakyat Phase III di muara sungai Dumau lalu mengantikan pohon bakau belukap ini dengan sebuah tugu bakau, tapi tugu itu sampai saat ini belum dibangun.

Dari Legenda Putri Tujuh ini masyarakat Dumai meyakini bahwa nama kota Dumai diambil dari kata “d‘umai” yang selalu diucapkan Pangeran Empang Kuala ketika melihat kecantikan Putri Mayang Sari atau Mayang Mengurai. Di Dumai juga bisa dijumpai situs bersejarah berupa pesanggarahan Putri Tujuh yang terletak di dalam komplek kilang minyak PT Pertamina Dumai. Selain itu, ada beberapa nama tempat di kota Dumai yang diabadikan untuk mengenang peristiwa itu, di antaranya: Kilang Minyak milik Pertamina Dumai diberi nama Putri Tujuh ; Bukit Hulu Sungai Umai tempat pertapaan Jin diberi nama Bukit Jin.

Potensi SDA :
- Keanekaragaman Mangrove Pesisir Sungai
- Situs Legenda Putri Tujuh
- Wisata Religi, Ziarah Makam Tua
- Pemandangan Unik, Lalu Lintas Kapal Perdagangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan beri Saran dan Komentar